Desa

Desa Kedungbokor Penghasil Bawang Merah Goreng

Desa Kedungbokor, Brebes memberi nilai tambah dari produk bawang merah menjadi bawang merah goreng.

Ahmad Yunus
Desa Kedungbokor Penghasil Bawang Merah Goreng
UMKM di Desa Kedungbokor menggenjot nilai produksi bawang merah Brebes menjadi aneka produk bawang goreng. M.Rauf / Kanal Desa

Brebes tak hanya terkenal sebagai penghasil telur bebek. Tapi juga memiliki potensi luar biasa sebagai penghasil komoditas bawang merah. Kini, di Desa Kedungbokor, Kecamatan Larangan, para pelaku UMKM Hortikultura tengah memproduksi bawang goreng dengan kebutuhan 5 kwintal bawang merah per hari.

Kegiatan kelompok ini memang bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah dari produk pertanian. Sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan dan menyerap tenaga rumah tangga. Produk bawang merah goreng ini dikemas dengan plastik dan memasok pasar modern hingga oleh-oleh khas Brebes.

Produk bawang merah goreng dari Brebes memang punya aroma yang bisa menambah selera makanan. Kualitas yang baik sebagai bahan baku bawang merah ini menjadi unggulan Brebes.

Hingga saat ini, bawang merah Brebes telah memasok pasar-pasar induk besar, seperti di Bandung, Jakarta, Surabaya, hingga ke Semarang. Produksi bawang merah Brebes termasuk pemasok terbesar di Indonesia dan memberikan kontribusi hingga 18,5 persen produksi nasional.

Di tingkat petani, bawang merah basah dijual seharga 17 ribu per kilogram dan kering seharga 19 ribu per kilogram. Untuk meningkatkan kualitas bawang merah Brebes, pemerintah Brebes juga tengah menyiapkan gudang khusus agar hasil panen bisa tersimpan dalam pengawetan.

Baca Lainnya

Tak Lagi Sulit Air Bersih
BUMDes

Tak Lagi Sulit Air Bersih

BUMDes Karangrejek mengelola air bersih di Desa Karangrejek, Gunungkidul. Berhasil memasok ketersediaan di tengah wilayahnya yang kering dan tandus.

Ahmad Yunus