BUMDes

BUMDes Arih Ersada : bangun Taman Seribu Bunga Raya

Desa Raya, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, membangun desa wisata melalui BUMDes Arih Ersada. Mendirikan wisata Taman Seribu Bunga Raya di lahan seluas 4,5 hektar.

Ahmad Yunus
BUMDes Arih Ersada : bangun Taman Seribu Bunga Raya
Desa Raya, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, membuka lahan seluas 4,5 hektar untuk wisata taman 1000 bunga. Freepik / Freepik

Desa Raya salah satu daerah yang sejuk dan berada di ketinggian. Tanahnya yang subur membuat pertanian menjadi salah satu tulang punggung ekonomi warganya. Termasuk sebagai salah satu desa penghasil bunga terbaik di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Potensi ini dilirik dan menjadi modal bagi BUMDes Arih Ersada untuk menambah nilai ekonomi warga desanya. Salah satunya melalui pembangunan kawasan baru wisata di Desa Raya. Keberadaan wisata bunga ini menjadi destinasi wisata baru yang membuat Desa Raya semakin terkenal dan menyedot para wisatawan lokal.

Taman Wisata Seribu Bunga Raya ini juga dilengkapi berbagai fasilitas, seperti cafe, toko souvenir, hingga spot untuk berswafoto.

Warga dan pengelola BUMDes Arih Ersada membenahi kawasan seluas 4,5 hektar ini. Warga bahkan tak sungkan urun tangan meminjamkan lahannya agar bisa dikelola dengan baik oleh BUMDes ini.

BUMDes Arih Ersada berada di Desa Raya, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Membangun taman 1000 bunga sebagai pendongkrak ekonomi wisata desa.
BUMDes Arih Ersada berada di Desa Raya, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Membangun taman 1000 bunga sebagai pendongkrak ekonomi wisata desa. Lokadata / Lokadata

Arih Ersada artinya musyawarah mufakat. Bentuk komitmen, semangat kebersamaan dan kolaborasi antara masyarakat, pemerintah desa dan para pengelola BUMDes untuk mendongkrak kemakmuran warga desanya.

BUMDes Arih Ersada berhasil memberikan dampak nyata pada kesejahteraan warganya. Pada tahun 2019 mereka didaulat menjadi BUMDes terbaik pada tahun 2019 di Sumatera Utara dan mendapatkan penghargaan dari salah satu bank BUMN sebagai salah satu desa terbaik di Indonesia, seperti yang dikabarkan oleh tvdesanews.id.

BUMDes Arih Ersada berangkat dari semangat nilai budaya lokal. Kebersamaan dan mimpi untuk berubah menjadi jangkar dalam mendongkrak kemakmuran desanya.

Baca Lainnya