BUMDes

Desa Wonorejo, Penyangga Taman Nasional Baluran

BUMDes Kebangsaan mengembangkan minat wisata alam di Taman Nasional Baluran. Sekaligus mengangkat ekonomi rakyat melalui usaha keramba ikan.

Ahmad Yunus
Desa Wonorejo, Penyangga Taman Nasional Baluran
Desa Wonorejo menjadi pintu gerbang menuju Taman Nasional Baluran. Menyimpan kekayaan akan potensi wisata alam eksotik di ujung Jawa Timur. Desa Wisata Kebangsaan / Desa Wisata Kebangsaan

Tak banyak desa yang punya keistimewaan seperti Desa Wonorejo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Desa yang terletak di pinggir hutan Taman Nasional Baluran ini punya keberkahan akan kekayaan sumber daya alam. Aliran sungai dari perkampungan hingga pemandangan alam hutan Baluran menjadi daya tarik unik kawasan ini.

Berbagai potensi ini pun menjadi satu kegiatan yang kini dikelola oleh BUMDes Kebangsaan melalui program wisata desa. Susur sungai, eksplor kawasan dengan motor trail, hingga fasilitas area perkemahan menjadi sarana pendukung wisata desa ini.

Kawasan perkemahan ini bahkan mencakup luas lima hektar dan telah mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur berupa Bantuan Keuangan Khusus sebesar Rp 100 juta untuk keperluan pengadaan kelengkapan camping.

BUMDes Kebangsan pun telah mengantongi izin untuk mengelola kawasan ini melalui Baluran Camping Adventure yang berdekatan dengan Pantai Pandean.

Untuk menambah nilai ekonomi keluarga, BUMDes Kebangsaan juga mendorong budidaya ikan keramba bersama pemerintah Desa Wonoreko. Semangat gotong royong dan geliat pasca pandemi menjadi motor untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui budidaya ikan lele, mujair, hingga wader.

Saat ini ada 25 keramba yang dikelola warga melalui BUMDes denga harapan menambah penghasilan warga sekaligus meningkatkan Pendapatan Asli Desa di sana. Termasuk sebagai gerakan merawat kebersihan sungai dari limbah sampah.

Aliran sungai yang bersumber dari Waduk Bajumati ini relatif jernih dan tidak terkontaminasi limbah rumah warga sehingga sangat cocok sebagai pengembangan budidaya perikanan keramba ikan.

Kehidupan di Desa Wonorejo memang masih lestari dan kental dengan nilai budaya. Keragaman agama di sana juga beragam dan menjadi landasan hidup rukun dan saling bertoleransi antaragama,

Dengan berbagai potensi alam, nilai budaya, dan toleransi yang tinggi, menjadikan Desa Wonorejo menjadi penyangga Taman Nasional Baluran yang lengkap. Inilah wajah desa istimewa di ujung Jawa Timur yang eksotik.

Baca Lainnya

Tak Lagi Sulit Air Bersih
BUMDes

Tak Lagi Sulit Air Bersih

BUMDes Karangrejek mengelola air bersih di Desa Karangrejek, Gunungkidul. Berhasil memasok ketersediaan di tengah wilayahnya yang kering dan tandus.

Ahmad Yunus