BUMDes

Budidaya Kambing Domba Sebagai Peluang Usaha BUMDes

Peternakan kambing domba menjadi salah satu komoditas unggulan yang kini digemari oleh BUMDes.

Ahmad Yunus
Budidaya Kambing Domba Sebagai Peluang Usaha BUMDes
Domba menjadi komoditas peternakan yang kian diminati oleh BUMDes untuk dikembangkan. Freepik / Freepik

Usaha budidaya peternakan kambing dan domba punya potensi yang luar biasa. Terlebih saat ini kebutuhan masyarakat akan daging semakin tinggi. Mulai dari memasok kebutuhan rumah makan sate, aqiqah hingga keperluan hari raya Idul Adha. Tak hanya itu, limbah dari peternakan pun bisa menjadi produk bernilai ekonomi.

Budidaya kambing domba adalah salah satu potensi usaha yang banyak dikembangkan oleh BUMDes. Ketersediaan lahan di desa dan tenaga kerja menjadi salah satu faktor pendukungnya. Termasuk permintaan yang tinggi akan daging domba.

Berbagai potensi ini adalah peluang yang kini digarap banyak BUMDes di Indonesia. Seperti yang dilakukan BUMDes Desa Wanajaya dan BUMdes Bina Laksana, Desa Sukalaksana Garut sebagai salah satu pemasok domba di Jawa Barat. Nilai ekonomi dan pasar yang jelas menjadi alasan kenapa BUMDes ini menggarap usaha budidaya domba.

Seperti jenis usaha lainnya, untuk membangun usaha budidaya kambing domba tentu saja memerlukan perencanaan. Baik terkait perencanaan kebutuhan kandang, induk kambing domba yang baik, ketersediaan pakan ternak, perawatan, pembesaran, tenaga kerja, hingga strategi penjualannya.

Berbagai rencana ini perlu disusun dengan baik agar usaha budidaya kambing domba bisa berkembang dalam mengurangi risiko kegagalan. Baik terkait dari sisi budidayanya maupun faktor risiko lainnya.

Seiring dengan waktu, pengalaman, dan pembelajaran, bisa menumbuhkan usaha ternak ini menjadi usaha profesional. Dan menjadikan BUMDes usaha ternak pun bisa memanen bisnis gurih dari budidaya kambing domba ini.

Baca Lainnya