Desa

Melestarikan Gula Tumbu Di Kandangmas

Gula tumbu menjadi salah satu produk khas dari beberapa desa di lereng Muria, Kabupaten Kudus. Salah satunya di Desa Kandangmas.

Hasyim Asnawi
Melestarikan Gula Tumbu Di Kandangmas
Pekerja gula tumbu di salah satu gudang produksi di Dukuh Sekandang, Desa Kandangmas, Kabupaten Kudus. Hasyim Asnawi / Kanal Desa
Hasyim Asnawi / Kanal Desa

Siang itu (2/8/2023), beberapa pekerja tampak sibuk memproduksi gula tumbu. Di Dukuh Sekandang, Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, industri gula tradisional berbahan sari tebu ini masih dipertahankan.

Hasyim Asnawi / Kanal Desa

Gula tumbu diproduksi di Desa Kandangmas ini dibuat sebagai bahan pembuatan kecap manis. Dipasarkan ke sejumlah daerah di pulau Jawa, dengan harga berkisar Rp8500 - Rp10.000 tergantung kualitas.

Hasyim Asnawi / Kanal Desa

Masyarakat menyebut jenis gula merah ini dengan gula "tumbu". Dinamakan gula tumbu, sebab olahan sari tebu yang sudah masak dituangkan ke dalam tumbu atau tombong yang terbuat dari bahan bambu.

Hasyim Asnawi / Kanal Desa

Proses pembuatannya cukup panjang. Dari tebu yang sudah tua, digiling untuk diambil sarinya dan dimasak di sebuah kawah besar. Sesekali para pekerja juga menyebutnya kilang tebu. Sementara bahan pembakarannya, diambil dari sisa batang tebu yang sudah digiling dan dikeringkan.

Hasyim Asnawi / Kanal Desa

Industri gula tumbu di Kandangmas masih dilestarikan. Meskipun mulai meredup, beberapa pelaku usaha tetap memilih bertahan. Industri gula tumbu juga menjadi usaha rumahan yang turun-temurun.

Hasyim Asnawi / Kanal Desa

Proses memasak gula tumbu berkisar 3 jam. Untuk mendapatkan gula tumbu, harus menunggu tumbu penuh dengan cairan gula. Dalam sehari, para pekerja biasanya membuat 3-4 lapisan gula. Sementara untuk penuh, butuh waktu sekitar 7 sampai 8 hari.

Hasyim Asnawi / Kanal Desa

Masing-masing pekerja saling bekerja sama. Dari menggiling tebu, menjaga api tungku hingga akan memindahkan sari tebu dari kawah ke kawah. Proses terakhir adalah penuangan gula di atas tumbu dan pengadukan. Dilakukan berlapis-lapis hingga tumbu penuh.

Gula tumbu yang sudah jadi akan disetorkan kepada pengepul. Dikirim ke luar daerah dan ke pabrik untuk bahan baku pembuatan kecap. Bulan Agustus memang sedang ramai-ramainya produksi gula tumbu. Sebab di bulan ini, pertanian tebu sedang musim panen raya.

Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, salah satu sentra industri gula tumbu di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.
Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, salah satu sentra industri gula tumbu di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Dashboard Lokadata / Kanal Desa

Baca Lainnya

Tak Lagi Sulit Air Bersih
BUMDes

Tak Lagi Sulit Air Bersih

BUMDes Karangrejek mengelola air bersih di Desa Karangrejek, Gunungkidul. Berhasil memasok ketersediaan di tengah wilayahnya yang kering dan tandus.

Ahmad Yunus

Sentra Gula Aren Dari Banyuwangi
Desa

Sentra Gula Aren Dari Banyuwangi

Desa Banjar, Banyuwangi, Jawa Timur melimpah dengan kekayaan sumber daya alam. Salah satunya produksi gula aren dari petani. Kini, dikelola bersama BUMDes Baruna.

Rizki Alfian