BUMDes

Kredit Toilet Ala BUMDes Wiraraja

Punya toilet bersih, aman, dan nyaman kini tak lagi susah dan merepotkan. BUMDes Wiraraja, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur berikan solusi melalui angsuran.

Ahmad Yunus
Kredit Toilet Ala BUMDes Wiraraja
BUMDes Wiraraja, Kabupaten Lumajang menawarkan toilet kredit agar warga bisa mengakses sanitasi yang sehat, aman, dan nyaman. Freepik / Freepik

Bukan hanya panci, ember, motor, dan mobil saja yang bisa dibayar secara angsuran atau kredit. Di Desa Wonorejo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, ternyata toilet lengkap dengan tangki septik bisa dibayar secara kredit oleh masyarakat. Uniknya, penyedia jasa kredit toilet plus tangki septik sistem kredit ini dilakukan oleh BUMDes Wiraraja.

BUMDes ini memang masih terbilang baru dan menyasar usaha kredit di bidang sanitasi. Ide ini muncul saat Direktur BUMDes Wiraraja, Desse Aria Dewi mengikuti pelatihan dan promosi pembangunan toilet sehat dari USAID IUWASH PLUS pada tahun 2019. BUMDes ini merupakan satu dari dua BUMDes yang direkomendasikan Pemerintahan Kabupaten Lumajang untuk mengikuti pelatihan dan program bantuan.

Kebutuhan sanitasi sehat tingkat rumah tangga dan desa sangat penting dalam mendukung kesehatan warga dan lingkungan yang bebas dari penyakit. Persoalan sanitasi sehat dan layak di Indonesia memang terbilang masih bermasalah.

Tak salah jika pada tahun 2022, 80 menteri dari seluruh dunia berkumpul di Jakarta dan membahas Sector Minister’s Meeting (SMM) yang dibuka oleh Wakil Presiden Ma’aruf Amin.

Di Indonesia, ungkap Wapres, akses terhadap air minum layak telah menjangkau lebih dari 90 persen penduduk, tetapi capaian akses air minum aman baru sekitar 11 persen.

“Untuk akses sanitasi, saat ini sekitar 80 persen penduduk mempunyai akses sanitasi layak, sedangkan sanitasi aman baru dinikmati oleh sekitar 7 persen penduduk Indonesia,” urainya.

Wapres Ma’aruf Amin menegaskan bahwa persoalan akses air minum dan sanitasi aman merupakan hak asasi setiap manusia.

“Namun secara global, saat ini sekitar 2 miliar manusia tidak mempunyai akses yang baik terhadap air minum yang aman, dan lebih dari 3 miliar orang tidak mempunyai akses terhadap sanitasi yang aman,” ujarnya.

Penyediaan akses sanitasi sehat ini juga menjadi perhatian bagi BUMDes Wiraraja agar seluruh masyarakatnya mempunyai standar toilet sehat.

Menparekraf Sandiaga Uno juga mendorong desa wisata menyediakan toilet yang bersih dan nyaman dan bisa dikelola oleh BUMDes.
Menparekraf Sandiaga Uno juga mendorong desa wisata menyediakan toilet yang bersih dan nyaman dan bisa dikelola oleh BUMDes. Kanal Desa / Kemenparekraf

Saat ini BUMDes Wiraraja membandrol harga jual toilet aman dan jasa konstruksinya sebesar Rp 1,5 hingga Rp 2,5 juta dan bisa dibayar secara mencicil selama 10 bulan tanpa uang muka.

“Menjual toilet secara kredit merupakan pilihan yang baik karena banyak keluarga di sini yang belum memiliki fasilitas tersebut dan tidak mampu secara finansial jika harus membuatnya sekali bayar,” ujar Desse Aria Dewi.

Tim pemasaran dari BUMDes ini pun bergerak ke lapangan dan mempromosikan produk dari BUMDes ini agar semakin terjangkau dan optimal. Bisnis toilet aman ala BUMDes Wiraraja ini punya dua solusi langsung. Aspek kesehatan sekaligus bisnis berbasis sosial.

Persoalan sanitasi yang sehat bisa dilakukan dengan mudah dan murah. Kredit toilet adalah salah satu langkah agar warga bisa mendapatkan akses yang nyaman, sehat, dan turut membentuk peradaban manusia.

Baca Lainnya

Kredit Jamban Desa
Desa

Kredit Jamban Desa

Kredit jamban sehat menjadi solusi murah bagi warga miskin di pedesaan wilayah Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Ahmad Yunus