BUMDes

BUMDes Tambak Jaya Tumbuhkan Kreatifitas Warga

Keberadaan BUMDes Tambak Jaya memberi dampak bagi ekonomi masyarakat Desa Bumimulyo, Pati, Jawa Tengah. Memenuhi kebutuhan masyarakat secara nyata.

Ahmad Yunus
BUMDes Tambak Jaya Tumbuhkan Kreatifitas Warga
Inovasi batik ecoprint ikut menambah penghasilan kelompok perempuan di Desa Bumimulyo, Pati, Jawa Tengah. BUMDes Tambak Jaya / BUMDes Tambak Jaya

Di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung. Peribahasa ini rasanya tepat menggambarkan peranan BUMDes Tambak Jaya di Desa Bumimulyo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

BUMDes yang berada di pesisir utara Jawa ini menyokong kebutuhan masyarakat langsung. Khususnya menyediakan berbagai kebutuhan penunjang usaha tambak dan produksi garam. Dua usaha yang menjadi tulang punggung masyarakat Desa Bumimulyo.

BUMDes Tambak Jaya mendirikan usaha toko tani dan menyediakan kebutuhan karung, plastik, hingga jasa pengiriman garam, Usaha ini langsung bergerak karena membantu usaha rakyat. Termasuk mendistribusikan hasil UMKM seperti terasi hingga kerupuk berbasis hasil tambak di sana.

Membatik menjadi salah satu kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh BUMDes Tambak Jaya, Pati, Jawa Tengah.
Membatik menjadi salah satu kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh BUMDes Tambak Jaya, Pati, Jawa Tengah. BUMDes Tambak Jaya / BUMDes Tambak Jaya

Tak berhenti di sana. Inovasi ekonomi pun mereka tumbuhkan bagi kelompok perempuan. Salah satunya produksi batik ecoprint dengan ikon udang. Ecoprint adalah cara membuat batik dengan bahan alami sebagai motifnya. Keunikan dari batik ecoprint Asem Mujil ini mendapat respon positif. Berbagai kalangan, kelembagaan, hingga masyarakat berminat dan tertarik memakai batik ini.

Desa Bumimulyo berada di pesisir utara Jawa. Menggantungkan hidupnya pada usaha tambak ikan dan garam.
Desa Bumimulyo berada di pesisir utara Jawa. Menggantungkan hidupnya pada usaha tambak ikan dan garam. Lokadata / Lokadata

Tak salah jika inovasi batik ecoprint dari BUMDes Tambak Jaya ini mendapatkan apresiasi pada acara Festival Desa Lestari 2020 dari Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah.

Keberadaan BUMDes Tambak Jaya mengakar dan memberi manfaat bagi masyarakat dan pembangunan desa. Berbagai kegiatan dan pelatihan terus bergulir untuk meningkatkan keterampilan masyarakatnya agar lebih produktif dan inovatif. BUMDes Tambak Jaya bergerak menjadi motor pemberdayaan di masyarakat pesisir utara Jawa ini.

Baca Lainnya