BUMDes

BUMDes Maju Bersama: Terus Terang Desa Sejiram

Desa Sejiram tak lagi masuk kategori desa tertinggal. Keberadaan BUMDes Maju Bersama menjadi motor perubahan ini.

Ahmad Yunus
BUMDes Maju Bersama: Terus Terang Desa Sejiram
Desa Sejiram di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, bergeliat pasca koneksi internet. Hasil usaha dari BUMDes Maju Bersama. BUMDes Sejiram / BUMDes Sejiram

Dulu, Desa Sejiram dikategorikan sebagai desa tertinggal di wilayah Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Maklum saja, desa ini letaknya cukup jauh dari akses perkotaan. Namun, kategori sebagai desa tertinggal kini tak ada lagi. Desa Sejiram justru kian bergeliat dan menjadi desa percontohan.

Perubahan ini dimotori anak-anak muda yang tergabung ke dalam BUMDes Maju Bersama. Mereka ingin BUMDes Maju Bersama menjadi penggerak bagi pembangunan di desa. Mulai dari aspek ekonomi, inovasi desa, hingga menampung kreativitas anak-anak muda di desa.

Akses internet turut meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan komunikasi di Desa Sejiram, Kabupaten Sambas.
Akses internet turut meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan komunikasi di Desa Sejiram, Kabupaten Sambas. BUMDes Sejiram / BUMDes Sejiram

Lewat BUMDes Maju Bersama mereka menjalankan beberapa aspek usaha. Mulai dari jasa layanan akses internet, penyediaan kebutuhan pertanian, Desa Mart, sewa gedung olahraga, sewa mobil pick up, hingga sablon digital. Berbagai usaha ini membuat wajah Desa Sejiram kian maju dan berbeda dengan kebanyakan desa lainnya.

Gebrakan anak-anak muda ini menjadi contoh bagi desa lain untuk mengikuti hal yang sama. Bahkan saat ini ada 130 desa yang bermitra dengan Desa Sejiram menjadi anggota usahanya. Salah satunya menjadi pelanggan akses internet.

Maklum saja, akses internet di sana menjadi sebuah keistimewaan di tengah keterbatasan. Lewat langganan pada BUMDes Maju Bersama, kini mereka mendapatkan kemudahan akses dan komunikasi yang murah dan efektif.

BUMDes Maju Bersama berdiri tahun 2017 dan hingga saat ini telah menyumbang PAD ke kas desa hingga jutaan rupiah. Di tahun 2022 mereka mampu memberikan pendapatan bagi desa sebesar Rp 40 juta dari berbagai usaha ini.

Salah satu usaha yang paling menyedot keuntungan adalah jasa langganan internet. BUMDes Maju Bersama telah merangkul 12 BUMDes lainnya untuk menyertakan modal sekaligus menyambungkan akses internet bagi 134 desa atau sejumlah 2 ribu pelanggan.

Desa Sejiram bergerak melalui peranan BUMDes Maju Bersama. Kolaborasi hasil anak muda dan menjaring BUMDes lainnya.
Desa Sejiram bergerak melalui peranan BUMDes Maju Bersama. Kolaborasi hasil anak muda dan menjaring BUMDes lainnya. Lokadata / Lokadata

Mereka bermitra melalui akses Insanak.desasejiram.id. Insanak sendiri kepanjangan dari Internet Pedesaan Akomodatif atau dalam bahasa Sambas artinya keluarga. Jaringan Insanak hasil kerja sama beberapa lembaga. Di antaranya ISP dan BAKTI sebagai penyedia layanan internet di Indonesia.

Ada banyak mimpi dan harapan dari Desa Sejiram agar kehidupan warganya semakin terang benderang. Ketersediaan akses internet bisa mengubah dan membawa perubahan yang nyata bagi desa ini. Mereka ingin hasil pertanian masyarakatnya bisa masuk ke pasar online, juga dengan produk kreatif , hingga aplikasi yang membantu warga.

Aksi nyata BUMDes Maju Bersama telah membuahkan hasil. Perlahan desa ini tumbuh dan menjadi penggerak bagi desa lainnya. Kolaborasi pemerintahan desa, BUMDes, dan anak-anak muda bisa menjadi kunci bagi aktor perubahan Desa Sejiram. Keterlibatan berbagai organ ini sangat penting untuk mewujudkan Desa Sejiram semakin benderang.

Baca Lainnya