BUMDes

Angin Segar Dari Desa Wunut

Setiap Kepala Keluarga Desa Wunut mendapatkan tunjangan hari raya atau THR. Berkah dari pengelolaan unit usaha yang sehat melalui peran BUMDes.

Ahmad Yunus
Angin Segar Dari Desa Wunut
Umbul Pelem Water Park menjadi salah satu unit usaha andalan BUMDes Sumber Kamulyaan. Dinas Pariwisata Jawa Tengah / Dinas Pariwisata Jawa Tengah

Warga Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah sumringah saat Idul Fitri 2024 ini. Setiap kepala keluarga menerima uang tunai tunjangan hari raya sebesar Rp 400.000 untuk 746 kepala keluarga atau total senilai Rp 297,6 juta.

Tentu saja uang tunai tunjangan hari raya ini sangat membantu warganya. Terlebih untuk memenuhi kebutuhan selama ramadhan di tahun ini. Menurut Kepala Desa Wunut Iwan Sulistya, program tunjangan hari raya atau THR ini sudah berjalan dua tahun terakhir ini dan berasal dari sumber Pendapatan Asli Desa atau PADes.

Desa Wunut memang punya unit usaha yang bisa menggenjot pendapatan desanya. Salah satunya objek wisata Umbul Pelem Water Park yang dikelola oleh BUMDes Sumber Kamulyan. Objek wisata ini kerapkali dikunjungi oleh ribuan pengunjung dan menikmati wisata kolam air alami.

Di tahun ini pendapatan dari wisata Umbul Pelem Water Park meningkat dibandingkan tahun lalu dan menembus senilai Rp 3,1 miliar. Catatan tahun lalu pendapatan dari wisata kolam renang ini sebesar Rp 2,5 miliar.

Menurut Iwan, pemberian THR ini cukup membawa syarat KTP dan KK serta bukti pengambilan THR. Di tahun depan ia menargetkan setiap warga akan mendapatkan THR sebesar Rp 1 juta.

Desa Wunut berada di perbatasan jalur utama Solo-Yogyakarta. Akses yang baik turut mendongkrak wisata Umbul Pelem Water Park.
Desa Wunut berada di perbatasan jalur utama Solo-Yogyakarta. Akses yang baik turut mendongkrak wisata Umbul Pelem Water Park. Lokadata / Lokadata

Wisata Umbul Pelem Water Park dibangun pada tahun 2016 dan menggunakan Dana Desa. Desa ini punya potensi luar bisa karena keberadaan air alami. Pemerintahan Desa Wunut ingin memaksimalkan keberadaan air ini menjadi kolam yang modern di desanya. Termasuk untuk sektor pertanian desa.

Total Dana Desa untuk membangun Umbul Pelem sebesar Rp 900 juta dan terus disokong kerja keras dari pengelolanya. Keraguan warga akhirnya perlahan terjawab. Tiap tahun keberadaan wahana air ini membuahkan hasil dengan catatan pendapatan yang terus meningkat.

Wisata ini memang menjangkau warga umum. Tiketnya sebesar Rp 8.000 hingga Rp 10.000 dan mampu menyedot pengunjung di masa liburan dan akhir pekan hingga 3 ribu orang. Pengunjung sangat puas dan menikmati area wahana di sini. Berbagai fasilitas yang ada dikelola secara profesional, nyaman, dan memuaskan.

Desa Wunut berada di perbatasan Solo-Yogyakarta dan lokasinya tak jauh Umbul Ponggok yang sudah dikenal oleh warga luas. Kolam renang di Umbul Pelem seluas 20 meter dengan kedalaman 1,5 hingga 2 meter dan aman dinikmati oleh anak-anak hingga orang dewasa. Sumber air berasal dari mata air tanpa kaporit sehingga rasanya menyegarkan dan disukai oleh pengunjung.

Berbagai fasilitas seperti musala, ruang ganti, toilet, hingga warung makanan tersedia dan menyajikan berbagai produk khas dari desa ini. Tak salah jika pengunjung berdatangan dari sekitar luar Klaten, seperti Solo, Boyolali, hingga Yogyakarta.

Bersumber dari mata air alami dan mengalir sepanjang tahun. Kolam renang ini menjadi penarik pengunjung menikmati kolam renang Umbul Pelem.
Bersumber dari mata air alami dan mengalir sepanjang tahun. Kolam renang ini menjadi penarik pengunjung menikmati kolam renang Umbul Pelem. Dinas Pariwisata Jawa Tengah / Dinas Pariwisata Jawa Tengah

Desa Wunut memang menjadi contoh BUMDes yang terkelola dengan baik dan transparan. Keberadaan BUMDes dan Pemdes Wunut mampu menunjukan kinerja yang baik. Tak hanya kuat secara bisnis, mereka juga bahkan mampu membiayai iuran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan warganya sejak 2021. Program ini menyentuh hingga kelompok petani, pedagang dan usia produktif.

Tak hanya itu, kelompok rentan dan miskin juga mendapatkan perhatian khusus melalui pembagian zakat maupun santunan sakit dan kematian.

Desa Wunut hadir memberi manfaat bagi warganya. Berbagai potensi mereka kelola dengan baik. Termasuk rencana membangun resto dan kolam renang di khusus muslimah. Segmentasi khusus ini dihadirkan untuk memberi rasa nyaman sekaligus menyedot pendapatan baru sehingga target di tahun depan bisa tercapai.

Ada segudang mimpi dan harapan yang dihadirkan di desa ini. Pemberian THR bagi warga Desa Wunut menjadi salah satu indikator kebahagiaan warganya. Tiap tahun keberkahan mengalir dari pengelolaan seluruh unit bisnisnya. Perlahan tapi pasti kemakmuran warganya semakin tumbuh dan nyata.

Baca Lainnya