BUMDes

Paket Komplit Agrowisata Milik BUMDes Kridha Manunggal Jaya

BUMDes Kridha Manunggal Jaya mengelola cafe agrowisata dengan andalan tanaman anggur.

Ahmad Yunus
Paket Komplit Agrowisata Milik BUMDes Kridha Manunggal Jaya
BUMDes Kridha Manunggal Jaya memanfaatkan lahan tidak produktif milik tanah kas desa menjadi area cafe bernuansa agrowisata. BUMDes Kridha Manunggal Jaya / BUMDes Kridha Manunggal Jaya

Ada banyak cara meningkatkan produktivitas tanah kas desa agar tak mangkrak. Salah satunya dilakukan oleh warga Desa Megulungkidul, Purworejo, Jawa Tengah lewat pengelolaan BUMDes Kridha Manunggal Jaya Megulungkidul. Kini, tanah desa ini berdiri area café yang ditanami pohon anggur.

Agrowisata ini perlahan menyedot pemasukan bagi desa. Tiap bulan mereka bisa meraup omzet hingga Rp 50 – Rp 60 juta. Ide membangun café yang menghasilkan tidak datang begitu saja. Awalnya, mereka melihat ada satu lahan milik desa yang tidak produktif. Lahan ini tergolong basah dan sering tergenangi air.

Pengunjung berswafoto di lokasi area cafe sawah Desa Megulungkidul, Purworejo, Jawa Tengah.
Pengunjung berswafoto di lokasi area cafe sawah Desa Megulungkidul, Purworejo, Jawa Tengah. BUMDes Kridha Manunggal Jaya / BUMDes Kridha Manunggal Jaya

Usaha café ini berdiri pada tahun 2022 dan dilengkapi dengan fasilitas gazebo yang menghadap area pesawahan dan pegunungan. Lokasi yang nyaman ini membuat tempat ini banyak dikunjungi oleh pengunjung. Khususnya bagi mereka yang ingin menikmati dan memanen buah anggur segar dari pohonnya.

Di sini, BUMDes Kridha Manunggal Jaya memiliki 10 varietas anggur. Mulai dari jenis Ninel, Trans, Angelica, dan varian lainnya yang menghasilkan rasa manis yang berbeda-beda. Keberadaan kebun anggur ini yang jadi pembeda dan tidak dimiliki oleh café lainnya.

Desa Megulungkidul mengelola cafe lokal yang menyerap tenaga kerja dan pasokan bahan baku dari warganya. Ikon baru agrowisata milik BUMDes Kridha Manunggal Jaya.
Desa Megulungkidul mengelola cafe lokal yang menyerap tenaga kerja dan pasokan bahan baku dari warganya. Ikon baru agrowisata milik BUMDes Kridha Manunggal Jaya. Lokadata / Lokadata

Usaha ini tak hanya membuat lahan tanah kas desa menjadi bernilai. Tapi juga mampu menyerap tenaga kerja bagi warganyanya. Ada sekitar 10 orang anak muda yang mengelola café ini tiap hari. Tak salah jika keberadaan usaha ini pun membuat nama Desa Megulungkidul semakin harum. Kehidupan desa semakin bergeliat karena usaha café. Di tahun 2022, desa ini pun mendapatkan bantuan dari BRI senilai Rp 1 miliar agar menjadi desa mandiri dan produktif.

Agrowisata potensi desa yang nyata. Usaha ini tak bakal mati mengingat permintaan dan kebutuhan yang tinggi. Hasil bumi seperti buah-buahan hingga sayuran segar bisa digabungkan dengan konsep wisata. Dua nilai tambah ekonomis yang bisa mendongkrak pemasukan usaha. Selain itu, seluruh pasokan bahan baku juga berasal dari warga desa. Mulai dari ikan hingga kopi lokal untuk memasok kebutuhan café.

Langkah BUMDes Kridha Manunggal Jaya tergolong tepat mengembangkan bisnis agrowisata. Perlahan dan pasti, usahanya kian menghasilkan dan memberi dampak positif bagi BUMDes maupun desa.

Desa Megulungkidul semakin bercahaya. Keberadaan café, rumah makan, joglo mart, hingga layanan lainnya, berkembang dan menjadi paket komplit wisata desa.

Baca Lainnya

Bagaimana cara mendirikan Pokdarwis di desa?
Analisis Kebijakan

Bagaimana cara mendirikan Pokdarwis di desa?

Pokdarwis dapat dibentuk melalui dua cara, baik melalui inisiatif masyarakat atau melalui kolaborasi dengan pemerintah daerah setempat. Mekanismenya musti diikuti dengan seksama agar Pokdarwis mampu mengelola wisata berkelanjutan berkelanjutan.

Muhammad Nafi'