BUMDes

Bumi Perkemahan Gunung Jae: Oase Lanskap Gunung Rinjani

BUMDes Karya Mandiri mengembangkan Gunung Jae sebagai lokasi bumi perkemahan. Menjadi daya tarik sisi lain keindahan Gunung Rinjani.

Ahmad Yunus
Bumi Perkemahan Gunung Jae: Oase Lanskap Gunung Rinjani
Gunung Jae menjadi lokasi wisata berkemah yang tengah dikembangkan oleh BUMDes Karya Mandiri di Lombok Barat. Jejak Lombok / Jejak Lombok

Gunung Jae, Dusun Paok Gading Desa Sedau, Lombok Barat ibarat oase di Nusa Tenggara Barat. Gunung yang berada di bagian utara Lombok Barat ini bagian dari kaki Gunung Rinjani yang gagah.

Pemandanganya yang elok ini menjadi magnet yang kian disukai banyak wisatawan. Terlebih saat ini menjadi salah satu lokasi yang terkelola oleh BUMDes Karya Mandiri.

Kesejukan daerah pegunungan dan juga wisata air menjadi atraksi yang mewah pemandangan alam.

Event internasional balap motor MotoGP di Mandalika menjadi potensi bagi BUMDes Karya Mandiri menyedot pengunjung  ke lokasi ini.
Event internasional balap motor MotoGP di Mandalika menjadi potensi bagi BUMDes Karya Mandiri menyedot pengunjung ke lokasi ini. Suara NTB / Suara NTB

BUMDes Karya Mandiri mengembangkan lokasi Gunung Jae sebagai wisata berpetualang. Lokasi ini kerap menjadi titik perkemahan bagi masyarakat Mataram. Terlebih jaraknya tak jauh dan bisa terakses oleh kendaraan roda empat maupun roda dua.

Tak perlu bingung jika ingin berkemah tapi tak punya tenda. BUMDes Karya Mandiri juga menyewakan berbagai kebutuhan alat-alat kemping. Mulai dari tenda hingga matras tidur. Dengan kisaran tenda per paket sebesar Rp 70 ribu.

Kawasan bumi perkemahan Gunung Jae memang sangat cocok untuk mengembangkan wisata berkemah dengan daya dukung tampung hingga seribu orang. Tak hanya itu, fasilitas seperti MCK juga berdiri dan menjadi layanan di dalam wilayah ini.

BUMDes Karya Mandiri bermimpi kelak lokasi ini juga bisa menjadi lokasi penginapan bagi peserta perlombaan balap motor internasional MotoGP ke depannya. Keberadaan event besar ini menjadi peluang bisnis untuk mendongkrak kawasan perkemahan Gunung Jae. Termasuk dampak pada perekonomian warga sekitar.

Potensi lanskap alam, keunikan budaya, dan magnet event internasional menjadi peluang bagi BUMDes Karya Mandiri mendongkrak pembangunan desanya.

Baca Lainnya