BUMDes

Menyegarkan bisnis BUMDes di Kabupaten Kudus

Agar BUMDes lekas lepas landas dalam legalitas, perencanaan dan pelaporan bisnisnya, PT Djarum menggelar "Pelatihan Revitalisasi BUMDes Kudus, 2022" selama 6 hari. Peserta adalah 7 BUMDes di Kabupaten Kudus yang terpilih dalam proses asesmen.

Muhammad Nafi'
Menyegarkan bisnis BUMDes di Kabupaten Kudus
Pelatihan Revitalisasi BUMDes Kudus selama 6 hari di Wisama Djarum ditujukan agar 7 BUMDes yang telah memiliki usaha segera berbadan hukum dan dapat menyajikan laporan yang akuntabel, serta merencanakan usaha ke depan. Kanal Desa / Kanal Desa

Embrio geliat bisnis BUMDes mulai terlihat di Kabupaten Kudus. BUMDes Tunjungseto Bae, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, selama Januari sampai Agustus 2022 telah mencatatkan pemasukan sebesar 87,7 juta rupiah. BUMDes Murakabi Gondosari, Kecamatan Gebog pun telah berhasil menyumbangkan 33,7 juta ke PADes pada 2020.

Namun, potret sebagian besar BUMDes di Kabupaten Kudus belum secerah Tunjungseto, Murakabi atau BUMDes lain di luar Kudus yang telah melejit.

Dari pendataan terhadap 54 BUMDes di Kabupaten Kudus pada awal 2022 yang dilakukan Lokadata dan Perkumpulan Desa Lestari, masih banyak BUMDes yang hanya merupakan papan nama. Memiliki lembaga, tapi tidak ada kegiatan usaha yang berjalan (42 persen). Selain itu, sampai September 2022 baru 37 BUMDes yang mendapatkan sertifikat badan hukum, dari total 63 BUMDes di Kabupaten Kudus.

“Ini menjadi tantangan besar yang perlu kita jawab bersama. BUMDes semestinya mampu menggerakkan ekonomi pedesaan yang sustainable,” tutur Achmad Budiharto, Deputy General Manager PT Djarum.

Bisnis BUMDes memang sangat manis. Di luar Kudus, BUMDes Sumber Sejahtera Pujon Kidul, Kabupaten Malang pada 2021 memberikan kontribusi Rp1,4 miliar ke Pendapatan Asli Desa (PADes). Tiap tahun, rata-rata BUMDes Panggung Lestari Panggungharjo, DI Yogyakarta menyumbang Rp180 juta ke PADes.

Selain itu, masyarakat pun mendapatkan manfaat dari bisnis BUMDes. Melalui keuntungan BUMDes Sumber Kamulyan, pada 2020 Desa Wunut, Kabupaten Klaten mampu menanggung kepesertaan 621 warganya dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Menjawab persoalan BUMDes di Kabupaten Kudus ini, PT Djarum menghelat program untuk menyegarkan bisnis BUMDes dengan pelatihan bertajuk “Revitalisasi BUMDes Kudus, 2022”. Pelatihan ini ditujukan kepada BUMDes yang belum memiliki legalitas badan hukum dan sudah memiliki kegiatan usaha yang berjalan.

“Agar secara berangsur terjadi capital-in ke desa, bukan sebaliknya, BUMDes mesti didorong untuk mengembangkan kegiatan ekonominya. Selain itu, BUMDes mesti memiliki legalitas badan hukum untuk mempermudah kerjasama dengan pihak lain,” kata Achmad Budiharto pada pembukaan pelatihan, 20 Agustus 2022.

Deputy General Manager PT Djarum, Achmad Budiharto, menekankan pentingnya peran BUMDes dalam meningkatkan perputaran roda perekonomian desa di Kabupaten Kudus pada pembukaan pelatihan (20/8/2022)
Deputy General Manager PT Djarum, Achmad Budiharto, menekankan pentingnya peran BUMDes dalam meningkatkan perputaran roda perekonomian desa di Kabupaten Kudus pada pembukaan pelatihan (20/8/2022) Kanal Desa / Kanal Desa

Pelatihan Revitalisasi BUMDes ini digelar di Wisma Karyawan Djarum Ploso selama enam hari. Pada 20, 21, 27, 28 Agustus dan 3, 4 September 2022. Sebanyak 52 desa dampingan PT Djarum dihadirkan pada hari pertama. Selain target utama 7 BUMDes yang mendapatkan pelatihan dan pendampingan pada periode program ini.

PT Alga Bioteknologi Indonesia (Albitec) mengisi gelar sharing session di hari pertama. Perusahaan yang bergerak dalam bisnis budidaya spirulina dihadirkan untuk memberikan perspektif kegiatan usaha alternatif bagi BUMDes di Kabupaten Kudus. “Selain itu, Albitec dapat menjadi mitra strategis bagi BUMDes yang tertarik untuk mengembangkan kegiatan usaha baru,” tutur Achmad Budiharto. Berikutnya, Bakti Lingkungan Djarum Foundation juga hadir dalam sesi ini, menyampaikan potensi kerjasama pengelolaan sampah organik antara desa, BUMDes, dan Bakti Lingkungan.

Lima hari selanjutnya, Perkumpulan Desa Lestari melatih BUMDes untuk menilik kembali kerja-kerja mereka pada tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari soal kelembagaan, pencatatan keuangan, pelaporan keuangan, sampai bersama merancang program kerja untuk tahun mendatang. Selain itu, BUMDes juga didampingi melengkapi persyaratan untuk mendapatkan legalitas sertifikat badan hukum dari Kemenkumham.

BUMDes Undaan Lor, salah satu peserta pelatihan,  bersama mengerjakan rancangan program kerja BUMDes dalam pelatihan Revitalisasi BUMDes Kudus (4/9/2022)
BUMDes Undaan Lor, salah satu peserta pelatihan, bersama mengerjakan rancangan program kerja BUMDes dalam pelatihan Revitalisasi BUMDes Kudus (4/9/2022) Kanal Desa / Kanal Desa

“Kami jadi mampu menilai kinerja BUMDes sejauh ini. Selanjutnya, program kerja akan kami susun lebih tepat sasaran agar manfaat ekonomi dan sosial dari BUMDes lebih dirasakan masyarakat desa,” kata Puji Santoso, direktur BUMDes Rukun Mulyo Undaan Lor, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus.

Ikthiar pemberdayaan ini tidak berakhir dengan pelatihan enam hari ini. Selanjutnya, BUMDes yang dinilai layak dan berkomitmen akan didampingi secara intensif selama enam bulan ke depan.

Sejak 2019-2022, PT Djarum telah mendampingi 52 desa di Kabupaten Kudus dalam rangkaian program pengembangan sumberdaya manusia BUMDes ini. Pada 2022, PT Djarum mendampingi 25 desa di Kabupaten Kudus untuk inkubasi bisnis dan penataan kelembagaan. Program ini dilakukan melalui skema pendampingan intensif selama 6 bulan atau 1 tahun. PT Djarum berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kudus, Lokadata, Perkumpulan Desa Lestari serta tenaga pendamping profesional desa dari Kemendes PDTT.

Seluruh desa dampingan PT Djarum dari 2019-2022, sebanyak 52 desa, diundang dalam hari pertama pelatihan untuk menyimak sharing dari PT Albitec dan Bakti Lingkungan Djarum Foundation (20/8/2022)
Seluruh desa dampingan PT Djarum dari 2019-2022, sebanyak 52 desa, diundang dalam hari pertama pelatihan untuk menyimak sharing dari PT Albitec dan Bakti Lingkungan Djarum Foundation (20/8/2022) Kanal Desa / Kanal Desa

Baca Lainnya

Angin Segar Dari Desa Wunut
BUMDes

Angin Segar Dari Desa Wunut

Setiap Kepala Keluarga Desa Wunut mendapatkan tunjangan hari raya atau THR. Berkah dari pengelolaan unit usaha yang sehat melalui peran BUMDes.

Ahmad Yunus

Ragam tantangan pendampingan BUMDes
BUMDes

Ragam tantangan pendampingan BUMDes

Banyak tantangan yang dihadapi BUMDes, mulai dari soal penganggaran, SDM, sampai pengelolaan bisnis. Perlu peran dan kerjasama beragam pihak untuk mengatasi tantangan berat ini.

M Yusuf Khamdani