BUMDes

BUMDes Naik Kelas Menembus Pasar Ekspor

BUMDes Megamendung Jaya naik kelas menembus pasar ekspor.

Ahmad Yunus
BUMDes Naik Kelas Menembus Pasar Ekspor
BUMDes Megamendung Jaya berhasil mengekspor komoditas kopi ke negara Qatar dan Mesir pada tahun 2023. Ahmad Yunus / Kanal Desa

BUMDes Megamendung Jaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berhasil menembus pasar ekspor kopi ke negara Qatar dan Mesir pada tahun ini. Hasil kerja keras ini membuat BUMDes Megamendung Jaya naik kelas dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Langkah ekspor komoditas kopi ini menjadi pembuktian bahwa BUMDes mampu melakukan ekspansi bisnis ke manca negara. Termasuk dalam meningkatkan nilai jual ekonomi pertanian sehingga bisa berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Hingga saat ini, BUMDes Megamendung Jaya memang terus meningkatkan kualitas manajemen, sumber daya manusia, dan program pendampingan masyarakat. Seluruh program ini diharapkan bisa berdampak langsung pada pembangunan desa dan masyarakatnya.

Adapun usaha dari BUMDes Megamendung Jaya ini antara lain, klinik, kopi, UMKM, dan pengembangan wisata.

Semangat dan langkah nyata yang dilakukan oleh BUMDes Megamendung Jaya sesuai dengan semangat Hari BUMDes Nasional yang berlangsung di Kabupaten Bintang, Provinsi Kepulauan Riau pada Februari 2023.

Di hari BUMDes Nasional yang dihadiri sebanyak 1.177 peserta ini, mengangkat tema “Meningkatkan Ekonomi Desa Melalui BUM Desa dan BUM Desa Bersama”. Menurut Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, keberadaan BUMDes maupun BUMdesa Bersama harus berperan aktif dalam mendorong aktivitas ekonomi dan budaya desa.

Hingga saat ini ada 51.971 BUMdes dan BUMdes Bersama yang bersertifikat badan hukum dan akan diperkuat dengan legalitas Nomor Induk Berusaha (NIB) oleh Kementerian Investasi/Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM). Tujuan NIB agar mempermudah BUMDes dan BUMDes Bersama untuk mendapatkan investor dalam meningkatkan kepercayaan kepada BUMDes. Sekaligus menunjukan keseriusan keberadaan BUMDes dan BUMDes Bersama secara nasional di Indonesia.

Baca Lainnya

Kiat BUMDes Menembus Pasar Ekspor
BUMDes

Kiat BUMDes Menembus Pasar Ekspor

BUMDes Megamendung Jaya bergerilya membangun usaha desa melalui kopi. Ikut mengisi ceruk pasar ekspor Indonesia ke mancanegara. Bagaimana kiat dan peranan BUMDes dalam mendongkrak potensi ini?

Ahmad Yunus