BUMDes

BUMDes Megamendung Jaya Go Digital

BUMDes Megamendung Jaya, Bogor menggenjot potensi ekonomi lokal melalui go digital. Pengembangan agrowisata kopi dan UMKM menjadi tulang punggung bisnis BUMDes ini.

Ahmad Yunus
BUMDes Megamendung Jaya Go Digital
Agrowisata kopi dan UMKM menjadi basis utama BUMDes Megamendung Jaya dalam menggenjot ekonomi lokal desa. Melompat saat mereka memasuki bisnis go digital. Ahmad Yunus / Kanal Desa

Wisata agrowisata kebun kopi dan UMKM menjadi modal bagi BUMDes Megamendung Jaya, Bogor, Jawa Baraat dalam menggenjot potensi ekonomi lokal dan pemberdayaan masyarakat.

BUMDes ini membenahi prosesing hulu ke hilir mata rantai kopi sehingga memiliki nilai tambah ekonomi. Dari sebelumnya yang hanya dalam bentuk ceri kopi dari petani. Termasuk melibatkan dan membantu para pelaku UMKM sebagai mitra utama BUMDes Megamendung Jaya ini. Mulai dari kemasan hingga pemasaran melalui pasar online.

Salah satu kunci keberhasilan ini adalah bagaimana melibatkan peranan pemerintah dan swasta untuk menunjang ekonomi lokal di Desa Megamendung. Dari penguatan sumber daya manusia lokal hingga berbagai pelatihan bisnis.

Saat masa pandemi, adaptasi pemasaran BUMDes melalui go digital menjadi visi jangka panjang untuk memperkenalkan berbagai produk dari desa ini. Sehingga sebaran produk dan pemasaran BUMdes ini semakin meluas. Alhasil, usaha ini semakin berbuah saat mereka berhasil mendongkrak penjualan berlipat ganda dalam salah satu platform marketplace di Indonesia.

Kini, BUMDes Megamendung Jaya terus membenahi lini bisnis Kedai Kopi Rasio dan Klinik Kesehatan Megamendung Jaya. Termasuk tengah mengembangkan budidaya madu dan potensi kehutanan bersama Kelompok Tani Hutan Sadar Tani Muda.

Baca Lainnya

Angin Segar Dari Desa Wunut
BUMDes

Angin Segar Dari Desa Wunut

Setiap Kepala Keluarga Desa Wunut mendapatkan tunjangan hari raya atau THR. Berkah dari pengelolaan unit usaha yang sehat melalui peran BUMDes.

Ahmad Yunus

Kiat BUMDes Menembus Pasar Ekspor
BUMDes

Kiat BUMDes Menembus Pasar Ekspor

BUMDes Megamendung Jaya bergerilya membangun usaha desa melalui kopi. Ikut mengisi ceruk pasar ekspor Indonesia ke mancanegara. Bagaimana kiat dan peranan BUMDes dalam mendongkrak potensi ini?

Ahmad Yunus